Bagian 5 - Cyber Ethics

Sumber: ilustrasi pribadi

Perkembangan Teknologi

Teknologi tidak muncul begitu saja. Teknologi memiliki masanya sendiri, dimulai dari awal kemunculannya, kemudian berkat evolusi dan inovasi, terciptalah teknologi baru yang saat ini memiliki dampak terhadap kehidupan manusia, yaitu internet. Terciptanya internet membuat kegiatan manusia terasa lebih mudah, seperti bisa mengakses informasi 24 jam dengan biaya yang murah bahkan gratis hingga mudahnya membangun relasi.

Dunia Maya

Dunia maya atau cyberspace merupakan ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki koneksi, seperti kabel atau telepon. Hal ini berarti tidak ada yang tahu pasti seberapa luas dunia maya secara fisik. Menurut (Dysson: 1994), karakteristik dari dunia maya adalah sebagai berikut:

1. Beroperasi secara virtual/maya

2. Dunia cyber selalu berubah dengan cepat

3. Dunia maya tidak mengenal batas teritorial

4. Orang di dunia maya dapat melakukan aktivitasnya tanpa harus menunjukkan identitas

5. Informasi di dalamnya bersifat publik

Cyber Ethics

Cyber ethics atau etika siber adalah etika atau aturan dalam menggunakan internet di dunia maya. Pengguna internet diharuskan menjaga etika dan mengikuti aturan yang berlaku dalam penggunaan dunia maya tersebut. Adanya istilah cyber ethics memunculkan netiket atau netiquette, yaitu salah satu acuan etika dalam berkomunikasi menggunakan internet.

Netiket (Netiquette)

Netiket atau netiquette adalah panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan internet. Netiquette diambil dari kata networks (jaringan) dan etiquette (etiket). Beberapa aturan inti dari netiket adalah sebagai berikut:

1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di internet sekalipun. Jadi, diharapkan berkomentar secara positif tanpa nada menyerang.

2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat sedang di dunia maya. Bersikap dan bertindak dengan mengedepankan etika dan tidak buru-buru menyimpulkan sesuatu.

3. Selalu ingat di mana kita berada saat di dunia maya. Netiket bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Jadi, diharapkan bersifat terbuka dan jika dibutuhkan bersikap kritis tetapi tetap membangun.

4. Hormatilah orang lain ketika sedang berada di dunia maya. Pastikan hal yang ingin dibagikan tidak mengganggu orang lain.

Pentingnya Etika Dalam Dunia Maya

Etika di dunia maya bersifat penting dengan beberapa alasan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda.

2. Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonim yang mana tidak diharuskan untuk menyatakan identitas asli.

3. Berbagai macam fasilitas internet memungkinkan seseorang bertindak kurang etis dalam dunia maya.

4. Pengguna internet akan selalu bertambah dan memungkinkan masuknya penghuni baru di dunia maya tersebut.

Demikian penjelasan mengenai bagian Cyber Ethics yang penulis dapatkan dari perkuliahan mata kuliah Etika Profesi di Universitas Jember. Bagaimana? Sudah paham belum dari artikel di atas? Semoga penjelasan singkat tadi dapat dipahami ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Komentar