Bagian 2 - Profesi IT dan Profesionalisme

Sumber: ilustrasi pribadi

Penerapan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, kontrol sosial dan tanggung jawab sangatlah penting. Komputer diciptakan oleh manusia dan tentunya memiliki keterbatasan. Oleh karenanya, perlu ada peraturan yang diberlakukan. Inilah mengapa etika menjadi krusial untuk membatasi penggunaan teknologi ini. Bidang teknologi informasi (TI) memerlukan pedoman yang dapat digunakan sebagai kerangka untuk mengatur cara teknologi ini digunakan.

Setiap keterampilan atau keahlian tentunya harus selalu diperbarui seiring dengan perkembangan zaman. Seorang profesional harus berkomitmen untuk terus meningkatkan keterampilan yang dimilikinya agar dapat mendukung tingkat profesionalisme yang tinggi. Oleh karena itu, sebagai seorang profesional yang memiliki pemahaman tentang kode etik dan peraturan, sangat penting untuk mematuhi kebijakan yang berlaku. Hal ini sangat terkait dengan kualitas layanan yang akan diberikan oleh seorang profesional kepada masyarakat.

Seorang profesional perlu memiliki sertifikasi profesi sebagai bentuk pengakuan atas kompetensinya dalam suatu bidang tertentu. Sertifikasi ini diberikan oleh badan yang diakui secara resmi dalam bidang tertentu dan memastikan bahwa seseorang yang mendapat sertifikasi telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

Begitu juga dengan profesional di bidang TI yang sangat anjurkan untuk melakukan sertifikasi profesi sesuai dengan kebutuhan industri TI. Hal ini perlu dilakukan agar para profesional dapat memaksimalkan keuntungan profesi pada bidang TI, seperti meningkatkan kredibilitas, menambah rasa percaya diri, meningkatkan jenjang karir, dan menjaga reputasi.

Proses sertifikasi yang dilakukan oleh badan-badan sertifikasi pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi di Indonesia. Tidak semua sertifikasi internasional yang berlaku di luar negeri dapat diterapkan secara efektif di Indonesia. Oleh karena itu, pihak sertifikasi juga harus memperhatikan kebutuhan akan profesional yang akan bekerja di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai bagian Profesi IT dan Profesionalisme yang penulis dapatkan dari perkuliahan mata kuliah Etika Profesi di Universitas Jember. Bagaimana? Sudah paham belum dari artikel di atas? Semoga penjelasan singkat tadi dapat dipahami ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Komentar